POTRET KERATON SURAKARTA HADININGRAT

by - Oktober 17, 2021


Menjadi perantau di Kota Surakarta memang menguntungkan untuk orang-orang seperti aku yang selalu ingin punya tujuan untuk berwisata. Setelah menjalani ujian tengah semester kemarin, nggak tau kenapa tergerak lagi untuk kembali ke Museum Keraton Surakarta. Tapi kali ini, aku nggak lama-lama. Aku hanya ingin singgah sebentar untuk mengamati dan mengambil potret dari setiap sisi yang menarik perhatianku. 

Saat di keraton, aku ngobrol dengan salah satu guide. Kata beliau, Museum Keraton Surakarta sudah tutup hampir 2 tahun karena pandemi. Terkadang aku menyadarinya kalau lewat area keraton untuk ke daerah Singosaren, area kraton sepi pengunjung. Jadi.. kebetulan banget kemarin ingin kesana dalam kondisi sudah buka kembali. Kata beliau, Keraton Surakarta sudah buka untuk wisatawan mulai Hari Sabtu tanggal 11 Oktober 2021 lalu. 

Walau masih sepi, aku bertemu beberapa wisatawan yang tampak dari luar kota. Pengunjung lainnya terdiri dari beberapa keluarga kecil, sekelompok mahasiswa, dan pengunjung yang sepertinya sedang solo travelling. Kalau keadaannya seperti ini, rasa-rasanya sudah tidak pandemi lagi. Walaupun, untuk masuk area museum harus tetap dalam kondisi taat protokol kesehatan. 

Tiket & Alur Masuk
Untuk masuk ke Museum Keraton Surakarta cukup membayar Rp 15.000/orang.


Selain murah, alur masuk area museum keraton juga mudah loh. Jadi setelah parkir kendaraan, kita langsung dihadapkan dengan loket pembelian tiket. Setelah di cek suhu dan tiket oleh petugas, kita bisa bebas mengunjungi area museum.

Oh ya! Ini adalah hasil potretku kemarin! Aku yakin kalian pasti nggak sabar buat kemari setelah melihat foto-foto ini😊










Ini aku setelah difotokan Aini. Terima kasih untuk Aini yang sudah membawa Tara kesini😊


Jadi.. kalian sudah nggak ragu kan buat berkunjung ke Kota Solo untuk berwisata sambil belajar? 

Oh ya kalau berkunjung ke Museum Keraton Surakarta, jangan lupa untuk membeli dagangan masyarakat lokal sekitar keraton yaa karena akan sangat membantu mereka. Dan, jangan lupa juga untuk pakai jasa guide di dalam museum agar bisa belajar banyak sejarah tentang keraton dan Surakarta!

With love, Tara.

You May Also Like

2 komentar

  1. Wahh, jadi tertarik pengen main ke sana 😁

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau ke Solo jangan lupa jadikan Keraton sebagai destinasi utama ya^^

      Hapus

Hello, with my pleasure if you leave comments :)