JALAN-JALAN KE MUSEUM SONOBUDOYO YOGYAKARTA

by - Agustus 23, 2022


Melintasi sepanjang Jalan Malioboro bisa dijadikan pilihan ketika belum memiliki tujuan pasti di Yogyakarta, atau hanya sekedar jalan-jalan saja. Namun, nggak ada salahnya berkunjung ke salah satu destinasi wisata yang nggak begitu jauh dari Jalan Maliboro, Museum Sonobudoyo. Seperti namanya, Museum Sonobudoyo menampilkan banyak warisan budaya dan juga sejarah dari berbagai daerah di Indonesia. Hanya dengan menempuh jarak sekitar 1,6 km dari stasiun tugu, mampir ke tempat yang membuat kita berlibur sekaligus belajar bisa jadi opsi travelling yang tentunya nggak membosankan.


Sehari sebelum pergi me time di Yogyakarta, aku menemukan feed sebuah akun instagram Museum Sonobudoyo. Karena tertarik dengan informasi-informasi yang terlihat, keesokan harinya tanpa berpikir panjang aku memutuskan berkunjung ke Museum Sonobudoyo. Saat itu aku menggunakan layanan KRL dari Stasiun Solo Balapan menuju Stasiun Tugu Yogyakarta. Setelah keluar dari area stasiun dan sarapan pagi, sambil melewati sepajang Jalan Malioboro nggak terasa tiba-tiba hampir sampai di tujuan.

Jadwal Kunjungan
Museum Sonobudoyo buka terhadap kunjungan setiap hari, kecuali Hari Senin. Berikut jadwal detail waktu kunjungan Museum Sonobudoyo:

Selasa - Kamis : 08.00 - 15.30 WIB
Jum'at               : 08.00 - 14.00 WIB
Sabtu                : 08.00 - 15.30 WIB

Tiket Masuk
Untuk masuk museum hanya perlu membayar sebesar Rp 3.000/orang. Tiket masuk bisa dibeli ketika awal masuk gerbang museum yang pertama. 


Setelah membeli tiket, aku diarahkan masuk menuju pintu gerbang museum yang kedua. Saat masuk museum, awalnya disambut penjaga museum sambil dipersilakan cek suhu tubuh yang kemudian dipersilakan untuk melanjutkan kunjungan. Oh ya, untuk masuk ke dalam museum, pengunjung diperbolehkan mengambil gambar menggunakan kamera handphone, tapi nggak diperbolehkan mengambil gambar menggunakan kamera digital yaaa.

Arena Museum


Museum Sonobudoyo memiliki beberapa arena seperti pada petunjuk arah diatas. Saat aku berkunjung, sayang sekali nggak ada event apapun. Jadi hanya sempat mengunjungin museum saja. Kalau teman-teman nggak pingin ketinggalan dengan event-event yang diadakan, bisa pantau update informasi dari official akun Instagram Museum Sonobudoyo disini yaa. Event yang diadakan menarik-menarik loh, diantaranya ada kelas gamelan, live music, maupun pertunjukan wayang. 

Jelajah Ruang Museum
Jangan takut bosan ketika berkunjung ke Museum Sonobudoyo, sebab ada banyak ruangan-ruangan yang berisi warisan budaya maupun sejarah. Bersyukur saat itu bisa mengunjungi setiap ruangan, walaupun nggak belajar detail deskripsi setiap koleksi karena keterbatasan waktu. Ketika masuk ke dalam museum, awalnya akan bertemu dengan ruang pengenalan, kemudian ruang prasejarah, ruang klasik dan peninggalan islam, ruang batik, ruang wayang, ruang topeng, ruang jawa tengah, ruang emas, dan ruang terakhir adalah ruang bali. 




Segitu aja ceritaku jalan-jalan di Museum Sonobudoyo Yogyakarta. Kalian juga jangan lupa mampir ya?
With love, Tara.

You May Also Like

0 komentar

Hello, with my pleasure if you leave comments :)