TIPS LOLOS PTN JALUR SNMPTN (MY STORY/SNMPTN 2018)

by - Juli 29, 2020


Halo temen-temen yang sekarang lagi duduk di bangku SMA. Kali ini aku bakal cerita pengalamanku diterima di SNMPTN 2018. By the way, aku keterima di jurusan Teknik Kimia UNS (Universitas Sebelas Maret). Berikut untuk tips-tipsnya.

Nilai
Karena jalur SNMPTN menggunakan nilai raport, aku bakal cerita sedikit tentang nilai raportku.

  1. Semester 1 = 84,25 dengan Peringkat 1
  2. Semester 2 = 82,8 dengan Peringkat 4
  3. Semester 3 = 85 dengan Peringkat 3
  4. Semester 4 = 84,4 dengan Peringkat 5
  5. Semester 5 = 89,867 dengan Peringkat 5
Mungkin bisa dilihat dari pringkat kelas yang selalu masuk 5 besar. Tapi lagi-lagi itu bukan standar agar bisa lolos SNMPTN yaa karena ada banyak hal lain yang dipertimbangin juga untuk bisa lolos di SNMPTN. 
 
Jadi untuk tips yang pertama, pertahankan nilai raport (terutama mata pelajaran yang ada kaitannya dengan jurusan yang diminati di SNMPTN) dari semester 1 sampai 5 agar selalu baik ya teman-teman.
 
Penghargaan
Beberapa sertifikat yang aku input di pendaftaran SNMPTN 2018:

  1. Peserta Lomba Debat Bahasa Inggris (Nasional)
  2. Finalis Karya Tulis Ilmiah (Jawa-Bali)
  3. Juara 1 Lomba Debat Bahasa Inggris (Nasional)
Penghargaan merupakan sesuatu yang cukup dipertimbangkan yaa teman-teman. Karena, ketika ada 2 orang yang memiliki  nilai raport sama dengan salah satu diantara mereka punya prestasi, peluang untuk lolos adalah yang punya prestasi yaaa guys.

Jadi buat tips yang kedua, ketika masih di bangku SMA, jangan berhenti untuk selalu aktif ikut lomba yaa teman-teman. Untuk menjadi pemenang memang banyak hal yang pastinya diperjuangkan, seperti berkali-kali ikut lomba namun tidak menjadi juara maupun lembur untuk mengerjakan karya untuk mempersiapkan suatu lomba. Dulu semasa SMA aku sudah ikut lomba banyak kali namun hanya berhasil  juara 1 kali dan menjadi finalis 2 kali. Untuk memperoleh hal itu memang tidak mudah dan butuh banyak perjuangan. Selalu menjadi siswa yang aktif dan semangat yaa!
 
Strategi
Pilihan jurusan yang aku input di SNMPTN 2018:
 
  1. Teknik Kimia – Universitas Sebelas Maret
  2. Teknologi Industri Pertanian – Universitas Brawijaya
  3. Kimia - Universitas Brawijaya
Jadi, tips yang ketiga adalah atur strategi untuk mendaftar di SNMPTN.
 
Menjelang pendaftaran SNMPTN, seluruh kelas di SMA-ku mendata keinginan setiap siswa untuk mendaftar ke PTN. Nah, dari situ aku bisa tau kalau temen-temen seangkatan aku daftar ke PTN mana aja. Karena aku berasal dari SMA di Jawa Timur, mayoritas temen-temen aku daftar ke PTN di Jawa Timur seperti UB, ITS, UM, UIN Malang dan UNESA. 
 
Jadi untuk menghindari saingan yang berasal dari SMA ku sendiri, aku mendaftar di Universitas Sebelas Maret karena sangat sedikit teman-teman yang ingin mendaftar ke PTN tersebut, dan kalaupun ada mereka mendaftar di Fakultas Kedokteran. Nah, aku memilih jurusan teknik kimia karena menurut raportku nilai matematika, kimia dan fisika ku baik.
 
Untuk pilihan kedua dan ketiga, aku daftar di UB karena aku SMA di Jawa Timur dan UB merupakan salah satu universitas terbaik di Jawa Timur bahkan Indonesia. Alasan aku memilih jurusan pertanian dan kimia adalah karena aku memiliki minat disitu. Jadi ketika mendaftar PTN tetap memperhatikan minat masing-masing yaaa. Semangat!

With Love, Tara.

You May Also Like

0 komentar

Hello, with my pleasure if you leave comments :)